Lembaga Sensor Film
header
Dr. Naswardi, MM., ME.

Lahir di Balimbing, Sumatera Barat, tanggal 16 Juli 1983. Saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi III Bidang Sosialisasi, Kemitraan dan Penelitian di Lembaga Sensor Film Republik Indonesia.  Lulus dan menyelesaikan pendidikan Doktor pada Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia di Universitas Negeri Jakarta dalam usia 34 Tahun. Aktif meneliti, menulis dan bekerja dalam bidang isu perlindungan anak, sebagai Analis di Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sejak tahun 2011-2020.  

Hasil penelitian dan karya tulis yang dipublikasikan melalui jurnal dan opini antara lain : Evaluation Of Community Services and Mediation Services Infringement of Childrens Rights in The Commission of Indonesian Child Protection (Journal Internasional IJHCM: 2017), Indonesia Darurat Perlindungan Anak (Harian Singgalang: 2012), Manajemen Keluarga Basis Perlindungan Anak dari Ancaman Kejahatan Media Televisi, (Warta: 2012).

Menulis buku dari hasil penelitian terkait isu perlindungan anak, diantaranya buku Kualitas Pengasuhan Anak di Indonesia, Hasil Survey Nasional dan Tela’ah Kebijakan Pemenuhan Hak Pengasuhan Anak di Indonesia (2015). Harapan dan Realita 2 Tahun Implementasi Sistem Peradilan Pidana Anak di Indonesia (2016), Pengawasan Pemenuhan Hak Pengasuhan Anak di Indonesia (2017), Telisik Anak Berhadapan dengan Hukum Perspektif Masalah dan Faktual (2017), Dampak Pengasuhan dan Upaya Pembinaan Anak Berhadapan dengan Hukum (2018) dan Buku Kualitas Pemenuhan Hak Pengasuhan Anak di Taman Panitipan Anak dan Taman Anak Sejahtera (2020).

Berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan perlindungan anak, melalui organisasi sosial, organisasi profesi dan organisasi kemasyarakatan diantaranya Mediator ahli dan tersertifikasi, Ketua Forum Nasional Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak-Panti Sosial Asuhan Anak (Fornas LKSA-PSAA), Ketua Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial Provinsi DKI Jakarta, Ketua Bidang Kajian dan Riset Lembaga Perlindungan Anak dan Keluarga Indonesia, Ketua Pusat Kajian dan Riset Perlindungan Anak dan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uhamka Jakarta.